BERITA

Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2021

27/02/2020 57 view

Konsultasi publik rancangan awal RKPD merupakan tahapan yang penting dalam proses perencanaan daerah sebagai acuan bagi organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyusun rancangan rencana kerja (renja) OPD.

Konsultasi publik yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, dan permendagri nomor 86 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah dimana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat. Dalam hal ini masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai pada tahap evaluasi. Hal ini berarti masyarakat tidak lagi dijadikan hanya sebagai objek dari pembangunan melainkan juga diikutsertakan dalam proses penentuan arah dan kebijakan.

Dalam sambutannya Bapak Bupati Labuhanbatu Selatan dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap, MM menyampaikan beberapa hal yakni :

  1. Melanjutkan dan memperkuat reformasi pembangunan  untuk menciptakan pertumbuhan  ekonomi yang kokoh melalui peningkatan iklim usaha dan iklim investasi yang lebih kondusif, peningkatan daya saing dan nilai tambah industri;
  2. Peningkatan peran swasta dalam pembiayaan dan pembangunan infrastruktur, kepastian dan penegakan hukum serta reformasi birokrasi dan tata kelola  pemerintahan;
  3. Meningkatkan daya saing nasional  terutama untuk menghadapi dan memperkuat landasan pembangunan.

Dalam acara tersebut menghadirkan narasumber dari Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kepala BPS Kabupaten Labuhanbatu Selata, Unsur Perbankan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2020 di Grand Suma Hotel Blok Songo Kotapinang.