BERITA

SOSIALISASI HASIL KAJIAN TENTANG PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR JALAN DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN DI KABUPATEN LABUHANABTU SELATAN

25/09/2017 74 view

Kotapinang, 25 September 2017

Sosialisasi hasil Kajian tentang Pengembangan Infrastruktur Jalan dalam Menunjang Perekonomian di Kabupaten Labuhanabtu Selatan telah dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan di Meeting Room Gand Suma Hotel Lantai 4, Jl. Lintas Sumatera Blok Songo, Kotapinang. Sosialisasi tersebut di buka oleh Asisten Perekenomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Ir. Ralikul Rahman, MT dan dihadiri oleh Kepala OPD se Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan yang mewakili.

                                    

Dalam arahan Bupati Labuhanbatu Selatan di bacakan oleh Bapak Asisten Perekenomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan Ir. Ralikul Rahman, MT bahwa Jalan merukan infrastruktur yang sangat dibutuhkan bagi transportasi yang baik terutama transpotrasi darat diperlukan sebuah jaringan jalan yang baik. Menutur UU No. 38 Tahun 2004 Jalan sebagai prasarana transportasi mempunyai peran penting dalam bidang ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, politik, pertanahan dan keamanan, serta dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. 

Untuk mencapai sebuah sitem transportasi yang baik dalam suatu wilayah harus ada jalan yang memadai. kumpulan dari jalan-jalan di suatu wilayah akan membentuk jaringan jalan. Jaringan jalan yang baik akan membantu kelancaran transportasi yang akan berpengaruhi kemajuan di suatu wilayah.  Dari segi ekonomi jalan merupakan prasarana yang memungkinkan berpindahnya barang-barang dari satu tempat ke tempat lainnya. dari segi Sosial Budaya, keberadaan jalan dapat membuka cakrawala dengan terbentuknya pemukiman disekitar jalan dan memungkinkan masyarakat dapat melakukan perjalanan jauh.  Dari segi Politik, Jalan akan berfungsi sebagai penghubung suatu daerah terhadap daerah lain. Dari segi Pertanahan dan Keamanan jalan merupakan akses dalam penyelengaraan sistem pertanahan dan keamanan.

Untuk melakukan kajian infrastruktur jalan, dilakukan dengan cara mengevaluasi efesiensi dan efektifitas jaringan jalan, Indeks Prasaarana Jalan (IPJ) dan Standar Pelayanan Minimum (SPM) merupakan suatu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengetahui kinerja jaringan jalan tersebut.(YY)