BERITA

SOSIALISASI PENGGUNAAN, PEMANTAUAN, DAN EVALUASI DANA BAGI HASIL CUKAI HASIL TEMBAKAU DI KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

08/12/2017 140 view

Kotapinang, 08 November 2017

Pelaksanaan Sosialisasi Penggunaan, Pemantauan, Dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Di Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilaksanakan di aula Hotel Grand Suma Blok Songo Kotapinang yang dibuka oleh Bupati Labuhanbatu Selatan dalam hal ini diwakilkan dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan yaitu Bapak Zulkifli, S.Ip, MM dan didampingi oleh Kepala Bappeda dan Pimpinan Organisas Perangkat Daerah atau yang mewakili diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Tenaga Kerja, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Kab. Labuhanbatu Selatan dan Seluruh Kepala Puskesmas Se- Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

                                           .                                        

Dalam arahan Bapak Bupati Labuhanbatu Selatan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan menjelaskan bahwa Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau merupakan dana yang bersifat khusus dari pemerintah pusat yang dialokasikan ke Pemerintah Daerah (Pemerintah Provinsi ataupun Pemerintah Kabupaten/Kota) yang merupakan penghasil cukai dan/atau penghasil tembakau.

 Peraturan  Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 28/PMK.07/2016 Tanggal 19 Februari 2016 Tentang Penggunaan, Pemantauan, Dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Menjelaskan Bahwa Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau adalah bagian dari anggaran transfer ke daerah yang dibagikan kepada provinsi penghasil cukai dan/atau provinsi penghasil tembakau.

 Berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/607/KPTS/2017 Tanggal 9 November 2017Tentang Penetapan Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Yang Dibagikan Kepada Provinsi Dan Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2017 dan perhitungan alokasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau Tahun Anggaran 2017 menggunakan 2 (dua) variabel untuk kabupaten/kota penghasil yaitu 40 % untuk penerimaan cukai hasil tembakau dan 60 % untuk produksi tembakau. pembagian alokasi DBHCHT bagi Kabupaten/Kota penghasil, Provinsi dan Kabupaten/Kota lainnya dengan komposisi 30 % untuk Provinsi dan 40 % untuk Kabupaten/Kota penghasil bersangkutan dan 30 % untuk Kabupaten/Kota lainnya yang bukan penghasil dan pembagiannya secara merata.

 Alokasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau kepada provinsi sebesar Rp. 5.059.442.000 dan kabupaten labuhanbatu selatan sebesar Rp. 210.810.000 oleh karena itu, pengelolaan DBHCHT harus terus dievaluasi agar semakin besar nilai manfaatnya bagi masyarakat dalam mendukung ekonomi kerakyatan. DBHCHT merupakan bagian dari pendapatan daerah dan dianggarkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah pada kelompok lain-lain pendapatan yang sah.

 Tujuan dari sosialisasi ini adalah diharapkan pengelolaan DBHCHT harus terus dievaluasi agar semakin besar nilai manfaatnya bagi masyarakat dalam mendukung ekonomi kerakyatan, Dalam Sosialisasi Penggunaan, Pemantauan, Dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Di Kabupaten Labuhanbatu Selatan Di Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini di paparkan oleh narasumber dari Badan Perencaaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara yaitu Ibu Sri Puspa Sary (Kasubbid Kemaritiman dan Sumber Daya Alam didampingi dengan Bapak Benno Hendra M Siregar. (hq)