TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Sesuai dengan Peraturan Bupati Labuhanbatu Selatan Nomor 42 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, bahwa susunan organisasi Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah sebagai berikut:

  1. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan badan dalam melaksanakan kewenangan otonomi daerah di bidang dan urusan perencanaan pembangunan daerah serta tugas pembantuan yang ditugaskan oleh Bupati.

Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menyelenggarakan fungsi :

  1. Pelaksanaan pembinaan kewenangan di bidang dan urusan perencanaan pembangunan daerah;
  2. Pengkajian, perencanaan dan perumusan kebijakan di bidang dan urusan perencanaan pembangunan daerah;
  3. Penyusun program kerja dalam rangka pelaksanaan tugasnya;
  4. Pelaksanan hubungan kerjasama dengan semua instansi baik pemerintahan maupun swasta untk kepentingan pelaksanaan tugas di bidang dan urusan perencanaan pembangunan daerah di bawah koordinasi Bupati:
  5. Pengkoordinasian dan pengendalian semua kegiatan badan;
  6. Pembinaan dan peningkatan kemampuan berprestasi para pegawai dalam lingkungan badan;
  7. Pelayanan penunjang penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten di bidang dan urusan perencanaan pembangunan daerah;
  8. Pemberian informasi, saran dan pertimbangan di bidang dan urusan perencanaan pembangunan daerah kepada Bupati sebagai bahan untuk menentukan kebijakan atau membuat keputusan;
  9. Pertanggungjawaban tugas badan secara teknis administratif kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah; dan
  10. Pelaksana tugas-tugas lain yang diperintahkan Bupati.

 

Uraian tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah adalah :

  1. Merumuskan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) badan agar dapat digunakan sebagai acuan kerja dalam rangka mewujudkan visi dan misi organisasi;
  2. Menjabarkan kebijakan Bupati berupa disposisi maupun petunjuk lisan secara rinci dan jelas guna dilakukan tindak lanjut penyelesaiannya;
  3. Mendistribusikan pekerjaan kepada pejabat dibawahnya sesuai bidang tugasnya agar dapat diselsaikan secara proporsional;
  4. Memberi petunjuk dan arahan kepada bawahan sesuai dengan pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya agar sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan;
  5. Memeriksa hasil kerja pejabat dibawahnya melalui pemantauan pelaksanaan kerja agar diketahui tingkat pemahamannya dan kedisiplinannya;
  6. Melakukan koordinasi dengan lembaga lain, konsultasi dengan Bupati melalui Sekretaris Daerah dan meminta masukan dari bawahan guna mendapat bahan penyelesaian yang menjadi tanggug jawabnya;
  7. Merumuskan kebijakan badan sebagai tindak lanjut kebijakan pemerintah daerah (Peraturan Daerah, Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati);
  8. Melaksanakan pembinaan teknis dan administratif kepada unit-unit kerja dibawahnya melalui prosedur dan mekanisme kerja yang berlaku agar terlaksana singkronisasi pelaksanaan misi organisasi sampai tingkat unit terendah;
  9. Menilai prestasi kerja bawahan melalui mekanisme penilaian yang berlaku sebagai cermin penampilan kerjanya;
  10. Melaporkan pelaksanaan tugas badan baik scara lisan maupun tertulis kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah; dan
  11. Melaksanakan tugas-tugas lain yang di berikan Bupati.
  12. Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian pelayanan secara terpadu, pelayanan administrasi dan pelaksanaan di bagian umum, kepegawaian, keuangan, program serta pelaporan aset dilingkungan badan.

Dalam melaksanakan tugasnya Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan rencana kegiatan badan;
  2. Penyelenggara administrasi umum di lingkungan badan;
  3. Pelaksanaan serta menyusun pedoman dan petunjuk tatalaksana administrasi umum;
  4. Pengelolaan administrasi keuangan, kepegawaian dan umum;
  5. Penyelenggara urusan rumahtangga badan; dan
  6. Pelaksana tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Uraian tugas Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah :

  1. Merencanakan kebijakan operasional sekretariat berdasarkan kebijakan umum, rencana strategis dan rencana kerja badan sebagai pedoman kerja;
  2. Melakukan koordinasi teknis dengan unit kerja lain terkait dengan program pelayanan administrasi perkantoran, peningkatan saranan dan prasarana aparatur serta pengembangan sistem perencanaan, pelaporan kinerja dan keuangan;
  3. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan tentang program pelayanan administrasi perkantoran, peningkatan saranan dan prasarana aparatur serta pengembangan sistem perencanaan, pelaporan kinerja dan keuangan untuk penunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. Membagi tugas dan mengendalikan seluruh kegiatan di sekretariat sesuai rencana yang ditetapkan;
  5. Mengarahkan disposisi dan perintah lisan/tertulis pimpinan kepada bidang bersangkutan sesuai tugas pokoknya;
  6. Mengkoordinasikan penyiapan bahan materi dan penyusun rencana strategis (Renstra) SKPD, rencana kerja (Renja), KUA-PPAS, RKA-SKPD, DPA-SKPD, RKAP-SKPD, DPPA-SKPD, laporan kinerja bulanan, triwulan dan tahunan serta LKPJ dan LPPD berdasarkan bahan dan materi sesuai metodologi dan ketentuan yang berlaku;
  7. Mengkoordinasikan dan meneliti kelengkapan SPP- LS, SPP- UP, SPP-GU, SPP- TU, SPP-LS gaji dan tunjangan/tambahan penghasilan serta verifikasi SPP sesuai ketentuan yang berlaku;
  8. Mengkoordinasikan dan mengelola surat menyurat dan kearsipan, pengadaan dan pendistribusian alat tulis kantor (ATK), barang perlengkapan dan peralatan kantor serta pengadaan bahan pustaka;
  9. Mengkoordinasikan dan mengarahkan pelaksanaan pemeliharaan, perawatan, perbaikan dan usulan penghapusan barang inventaris, pengguna saranan dan fasilitas kantor, pengaturan perjalanan dinas, pemeliharaan kebersihan, perawatan dan pengamanan kantor serta lingkungannya;
  10. Mengkoordinasikan penyiapan penyelenggara upacara, apel, acara keagamaan dan kegiatan kantor lainnya serta rapat badan, rapat badan dengan instansi pemerintah maupun dengan swasta dan penerima tamu;
  11. Mengkoordinasikan pelaksanaan dokumentasi yang berkaitan dengan kebijakan dan kegiatan instansi terkait, mendokumentasikan berita dan penyelenggara hubungan masyarakat serta pendokumentasikan produk hukum kepegawaian;
  12. Menyelia penyelesaian administrasi pegawai meliputi kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, bazetting, DUK, SKP dan administrasi kepegawaian lainnya;
  13. Menilai bawahan melalui mekanisme penilaian yang berlaku untuk mengetahui pencapaian prestasi kerja;
  14. Melaporkan pelaksanaan tugas kegiatan sekretariat kepada kepala badan secara lisan maupun tulisan; dan
  15. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan.

 

  • Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian

Kepala sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas melakukan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian, penyelenggaraan secara terpadu, pelayanan administrasi dan pelaksanaan di bidang umum dan kepegawaian.

 

  • SUB BAGIAN KEUANGAN

Kepala sub bagian keuangan mempunyai tugas melakukan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian, penyelenggaraan secara terpadu, pelayanan administrasi dan pelaksanaan di bidang keuangan.

 

  • SUB BAGIAN PROGRAM, PELAPORAN DAN ASET

Kepala sub bagian program, pelaporan dan aset mempunyai tugas melakukan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian, penyelenggaraan secara terpadu, pelayanan administrasi dan pelaksanaan di bidang program, pelaporan dan aset mengenai penyusunan rencana kerja, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, pelaporan pelaksanaan kegiatan dan penginventarisasi aset di lingkungan badan.

 

  1. BIDANG EKONOMI
  2. Kepala Bidang Ekonomi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas badan dalam mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan Bidang Ekonomi.
  3. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Bidang Ekonomi menyelenggarakan fungsi :
  4. Merumuskan rencana dan program kerja bidang ekonomi;
  5. Melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan bidang ekonomi;
  6. Melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah Bidang Ekonomi;
  7. Melaksanakan kerjasama dalam bidang perencanaan ekonomi;
  8. Melaksanakan koordinasi pengendalian atas pelaksanaan rencana program/kegiatan Bidang Ekonomi;
  9. Melakukan inventarisasi permasalahan bidang ekonomi;
  10. Melakukan pengkajian bidang ekonomi;
  11. Melaksanakan pembimbingan staf bidang ekonomi;
  12. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan.

 

  • SUB BIDANG PERENCANAAN PERTANIAN

       Kepala sub bidang perencanaan pertanian mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang ekonomi dalam mempersiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan rencana kegiatan pembangunan pertanian.

 

  • SUB BIDANG PEREKONOMIAN DAN PARIWISATA

Kepala sub bidang perekonomian dan pariwisata mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas perekonomian dan pariwisata serta mempersiapkan bahan dan pelaksanaan penyusunan rencana kegiatan pembangunan perekonomian dan pariwisata

 

  • SUB BIDANG KETENAGAKERJAAN DAN INVESTASI

Kepala sub bidang ketenagakerjaan dan investasi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas ketenagakerjaan dan investasi dalam mempersiapkan bahan dan pelaksanaan penyusunan serta rencana kegiatan ketenagakerjaan dan investasi.

  

 

 

 

  1. BIDANG SOSIAL BUDAYA

 

  1. Kepala Bidang Sosial Budaya mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas badan dalam mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan bidang sosial budaya.
  2. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Bidang Sosial Budaya menyelenggarakan fungsi :
  3. Menyusun rencana dan program kerja Bidang Sosial Budaya;
  4. Melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan Bidang Sosial Budaya;
  5. Melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah bidang sosial budaya;
  6. Melaksanakan kerja sama dalam bidang sosial budaya;
  7. Melaksanakan koordinasi pengendalian atas pelaksanaan rencana kegiatan bidang sosial budaya;
  8. Melakukan inventarisasi permasalahan bidang sosial budaya;
  9. Melakukan pengkajian bidang sosial budaya;
  10. Melaksanakan pembinaan staf bidang sosial budaya;

 

  • SUB BIDANG PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Kepala sub bidang pendidikan dan kebudayaan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang sosial budaya dalam mempersiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan rencana program dan kegiatan pembangunan pendidikan dan kebudayaan.

  • SUB BIDANG KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

Kepala sub bidang kesehatan dan kesejahteraan sosial mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang sosial budaya dalam mempersiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan rencana program dan kegiatan pembangunan kesehatan dan kesejahteraan sosial

  • SUB BIDANG KEPENDUDUKAN DAN PEMERINTAHAN

Kepala sub bidang kependudukan dan pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang perencanaan sosial budaya dalam mempersiapkan bahan.

 

  1. BIDANG PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
  2. Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan tugas-tugas di bidang penelitian dan pengembangan  yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan daerah.
  3. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan menyelenggarakan fungsi :
  4. Penyusunan kebijakan teknis di bidang penelitian dan pengembangan pembangunan daerah;
  5. Penyusunan perencanaan program dan anggaran di bidang penelitian dan pengembangan pembangunan daerah;
  6. Perumusan sasaran pelaksanaan tugas di bidang penelitian dan pengembangan pembangunan daerah; d. Penyelenggaraan kerjasama penelitian dan pengembangan pembangunan daerah;
  7. Fasilitasi dan pelaksanaan inovasi daerah;
  8. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan tugas di bidang penelitian dan pengembangan;
  9. Pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi di bidang penelitian dan pengembangan;
  10. Pelaksanaan administrasi di bidang penelitian dan pengembangan;
  11. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.

 

  • SUB BIDANG SOSIAL DAN PEMERINTAHAN

Kepala Sub Bidang Sosial dan Pemerintahan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang sosial dan pemerintahan.

 

  • SUB BIDANG EKONOMI DAN PEMBANGUNAN

Kepala Sub Bidang Ekonomi dan Pembangunan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi dan pembangunan.

 

 

  • SUB BIDANG INOVASI DAN TEKNOLOGI

Kepala Sub Bidang Inovasi dan Teknologi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dan perumusan dan kebijakan dan fasilitasi serta evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian, pengembangan dan perekayasaan di bidang inovasi dan teknologi.

 

  1. BIDANG SARANA DAN PRASARANA WILAYAH
  2. Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Wilayah mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas badan dalam mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan program/kegiatan pembangunan bidang sarana dan prasarana wilayah.
  3. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Wilayah menyelenggarakan fungsi :
  4. Merumuskan rencana dan program kerja bidang sarana dan prasarana wilayah;
  5. Melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan bidang sarana dan prasarana wilayah;
  6. Melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah bidang sarana dan prasarana wilayah;
  7. Melaksanakan kerjasama dalam bidang sarana dan prasarana wilayah;
  8. Melaksanakan koordinasi pengendalian atas pelaksanaan rencana program/kegiatan bidang sarana dan prasarana wilayah;
  9. Melakukan inventarisasi permasalahan bidang sarana dan prasarana wilayah;
  10. Melakukan pengkajian bidang sarana dan prasarana wilayah;
  11. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan.

 

  • SUB BIDANG LINGKUNGAN HIDUP, PERHUBUNGAN DAN SUMBER DAYA ALAM

Kepala Sub Bidang Lingkungan Hidup, Perhubungan dan Sumber Daya Alam mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang sarana dan prasarana dalam mempersiapkan bahan dan pelaksanaan penyusunan rencana program/kegiatan pembangunan lingkungan hidup, perhubungan dan sumber daya alam.

 

  • SUB BIDANG TATA RUANG DAN PENGEMBANGAN WILAYAH

Kepala Sub Bidang Tata Ruang dan Pengembangan Wilayah mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang sarana dan prasarana wilayah dalam mempersiapkan bahan dan pelaksanaan penyusunan rencana program/kegiatan pembangunan tata ruang dan pengembangan wilayah.

 

  • SUB BIDANG SARANA PRASARANA PERMUKIMAN

Kepala Sub Bidang Sarana Prasarana Permukiman mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang sarana dan prasarana wilayah dalam mempersiapkan bahan dan pelaksanaan penyusunan rencana progrm/kegiatan pembangunan sarana prasarana permukiman.