Corporate Social Responsibility (CSR)

Perkenalan Tentang CSR

1. TENTANG CSR

A) ARTI CSR
Corporate Social Responsibility (CSR) Secara terminologi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial dan lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada sebagai akibat dari operasi bisnis yang mereka lakukan.
6 (enam) manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas Corporate Social Responsibility, yaitu:
1. Mengurangi risiko dan tuduhan terhadap perlakuan tidak pantas yang diterima perusahaan. Perusahaan yang menjalankan Corporate Social Responsibility secara konsisten akan mendapat dukungan luas dari komunitas yang merasakan manfaat dari aktivitas yang dijalankannya. Corporate Social Responsibility akan mengangkat citra perusahaan, yang dalam rentang waktu yang panjang akan meningkatkan reputasi perusahaan.
2. Corporate Social Responsibility dapat berfungsi sebagai pelindung dan membantu perusahaan meminimalkan dampak buruk yang diakibatkan suatu krisis. Sebagai contoh adalah sebuah perusahaan produsen consumer goods yang beberapa waktu yang lalu dilanda isu adanya kandungan bahan berbahaya dalam produknya. Namun karena perusahaan tersebut dianggap konsisten dalam menjalankan Corporate Social Responsibility-nya maka masyarakat menyikapinya dengan tenang sehingga relatif tidak mempengaruhi aktivitas dan kinerjanya.
3. Keterlibatan dan kebanggaan karyawan. Karyawan akan merasa bangga bekerja pada perusahaan yang memiliki reputasi yang baik, yang secara konsisten melakukan upaya-upaya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Kebanggaan ini pada akhirnya akan menghasilkan loyalitas sehingga mereka merasa lebih termotivasi untuk bekerja lebih keras demi kemajuan perusahaan.
4. Corporate Social Responsibility yang dilaksanakan secara konsisten akan mampu memperbaiki dan mempererat hubungan antara perusahaan dengan para stakeholdersnya. Pelaksanaan CSR secara konsisten menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kepedulian terhadap pihak-pihak yang berkontribusi terhadap lancarnya berbagai aktivitas serta kemajuan yang mereka raih.
5. Meningkatnya penjualan. Konsumen akan lebih menyukai produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang secara konsisten menjalankan Corporate Social Responsibility-nya sehingga memiliki reputasi yang baik.
6. Insentif-insentif lainnya seperti insentif pajak dan berbagai perlakuan khusus lainnya.

B) DASAR HUKUM CSR
Pelaksaan Corporate Social Responsibility telah memiliki payung hukum yang kuat. Peraturan hukum yang mewajibkan perusahaan untuk melaksanakan Corporate Social Responsibility di Indonesia diantaranya adalah :
 Undang-Undang Perseroan Terbatas Nomor 40 Tahun 2007
 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN
 Peraturan Menteri Negara BUMN No.5 Tahun 2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan yang mengatur mulai dari sumber dana hingga hingga tatacara pelaksanaan Corporate Social Responsibility
 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.
 Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

2. LAPORAN CSR
A) RENCANA CSR
B) REALISASI CSR

3. BERITA DAN KEGIATAN CSR
A) BERITA CSR
B) KEGIATAN CSR

 

CSR